Apa yang terjadi dengan OpenOffice, setelah di akuisisi oleh Oracle dari Sun Microsystem, entahlah. LibreOffice kemudian muncul digawangi oleh The Document Foundation, yang dirajut oleh para leading members dari komunitas OpenOffice.org, meneruskan pekerjaan besar yang telah dilakukan 10 tahun dalam OpenOffice. Dengan kepercayaan bahwa kebudayaan akan lahir dari dasar-dasar pondasi kemerdekaan yang dibawa oleh para kontributornya untuk memberikan software terbaik untuk para penggunannya, dan sepenuhnya terbuka untuk para individu-individu yang sarujuk dengan nilai-nilai inti dan mau berkontribusi pada aktivitas tersebut. Juga membuka diri untuk korporasi yang mau berpartisipasi seperti dengan memberikan sponsor baik secara individu maupun korporasi sebagaimana yang dilakukan oleh para kontributornya. Maka muncullah dengan kebanggaan yang sama sebuah rumah untuk LibreOffice sebuah suite software office yang tentunya gratis alias free.

‘The Ubuntu Project will be pleased to ship LibreOffice from The Document Foundation in future releases of Ubuntu’ said Mark Shuttleworth on the launch, describing office software a ‘critical component’ of the open source desktop.

Buat jaga-jaga maka disini saya sedikit beberkan cara instalasi libre office yang semoga membantu kawan-kawan semua. Dari sisi tampilan, Libre Office ini tidak jauh beda dengan Open Office. Jadi jika anda sering menggunakan Open Office anda tidak akan merasa kesulitan. Di sini akan saya jelaskan dua cara install libre office. Yang pertama dengan mendownload paket instalasinya kemudian install secara offline, yang kedua dengan instalasi langsung secara online.

Cara Install Pertama

1. Untuk yang pertama, hanya dibutuhkan paket instalasinya saja, kawan-kawan bisa mendownloadnya di sini.

2. Setelah di download, kita hanya tinggal menginstall file .deb nya..

3. Selesai


Cara Install Kedua

Perhatian: Cara yang kedua mungkin lebih cocok bagi yang punya koneksi internet kenceng. Yang punya koneksi pas-pasan lebih baik pake cara pertama.

1. Masuk terminal, kemudian ketik perintah sudo gedit /etc/apt/sources.list

2. Di sources.list tadi masukan baris deb http://download.tuxfamily.org/gericom/libreoffice di bagian paling akhir.

3. Masih di terminal, masukan perintah sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 890E7A26

4. Kalo sudah, jangan lupa untuk mengupdate repository dengan cara sudo apt-get update

5. Langkah terakhir adalah menginstall libreoffice tersebut, caranya ketik perintah sudo apt-get install libreoffice3* lobasis3.3* di terminal.

6. Selesai. Libre Office siap digunakan.